Sudah Pernah Kenal dengan Darah Emas (Golden Blood)?

DonorDarah.INFO | Masyarakat sudah cukup mengenal penggolongan darah dengan sistem ABO, yaitu golongan darah A, B, AB, dan O. Golongan darah ini ditentukan oleh antigen (protein yang menutupi sel darah merah), misalnya tipe A memiliki antigen A, tipe B memiliki antigen B, tipe AB memiliki kedua antigen, dan tipe O tidak memiliki kedua antigen.

Sel darah merah juga mengandung antigen RhD dari sistem penggolongan rhesus. Golongan darah dikatakan positif (Rh+) jika memiliki antigen dan dikatakan negatif (Rh-) jika tidak memiliki antigen. Kombinasi antigen A, B, dan RhD memberikan delapan golongan darah yang umum (A+, A-, B+, B-, AB+, AB-, O+, dan O-).

Golden blood diidentifikasi tahun 1961 pada perempuan dari suku Aborigin Australia dan merupakan jenis darah yang paling langka di dunia. Sampai saat ini hanya sekitar 43 orang di dunia yang memilikinya. Golongan darah ini disebut Rh-null atau rhesus kosong dalam dunia medis.

Golden blood bukanlah darah yang berwarna emas seperti gambar diatas, melainkan sel darah merah yang tidak memiliki antigen RhD dari sistem rhesus dan hanya memiliki antigen dari sistem ABO. Faktanya golden blood hanya istilah yang diberikan karena golongan darah ini sangat bermanfaat dan langka seperti emas.

Pada kasus ini, pemilik golden blood dapat mendonorkan darahnya dengan aman asalkan penerima memiliki golongan darah ABO yang sesuai. Akan tetapi, 99,94% orang memiliki antigen RhD. Hal ini menjadi bahaya bagi pemilik golden blood, karena golongan darah ini hanya dapat menerima donor dari golongan darah yang sama.

Pemilik golden blood dianjurkan untuk mendonorkan darah, sehingga dapat digunakan oleh diri sendiri saat dibutuhkan. Thomas sebagai salah satu pemilik golden blood dari Swiss, menyatakan bahwa ia hidup dengan sangat hati-hati agar tidak mengalami kecelakaan dan tidak pergi keluar negeri yang tidak memiliki sistem rumah sakit yang maju.

Sumber:
Bailey, Penny & Thornton, Nicole. (2014). What Does It Mean When Only 40 People Have Your Blood Type?
Jones, Meghan. (2019). Fewer Than 50 People in the World Have This Incredibly Rare Blood Type.
Rasnaya, M. Dejandra. (2019). Darah Emas, Golongan Darah Paling Langka di Dunia.
Septiana, N. Octavi. (2019). Hanya Dimiliki 43 Orang di Seluruh Dunia, Darah Emas yang Sangat Langka Ini Bisa Jadi Berkah Sekaligus Bahaya.

Dwi Nur Triharsiwi
Latest posts by Dwi Nur Triharsiwi (see all)

DwiNur

Mahasiswa Biologi yang suka nonton dan jalan-jalan. Instagram @dwiii_n

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *