Pergerakan Anak Muda PDDI Kota Malang

MALANG – DonorDarah.info | Ngomongin Donor Darah, kami menganggap penting untuk membahas sebuah perhimpunan atau perkumpulan donor darah pertama di Indonesia. Namanya adalah Perhimpunan Donor Darah Indonesia (PDDI), yang tersebar diseluruh Indonesia.

PDDI dibentuk tanggal 20 September 1978, 33 tahun setelah Palang Merah Indonesia dibentuk. Berarti september Tahun ini PDDI sudah berusia 44 tahun.

Bisa dibilang PDDI ini partner utamanya PMI (Palang Merah Indonesia), dalam mengelola para pendonor sukarela dan juga turut membantu mensosialisasikan donor darah ke masyarakat.

PDDI juga diakui secara Internasional, karena terdaftar sebagai anggota dari Federation Internationale des Organisations de Donneurs de sang Benevoles (FIODS) atau The International Federation of Blood Donor Organizations.

Saat ini, banyak cabang PDDI yang kurang begitu aktif, tapi tidak seperti PDDI yang ada di Kota Malang.

PDDI Kota Malang menjadi salah satu cabang PDDI yang Aktif dan memberikan kesempatan kepada anak-anak muda dikota Malang, untuk ambil bagian dalam pengelolaan organisasinya.

Kalau lihat Instagram resmi mereka @pddi.malang, kamu akan melihat bagaimana aktifnya organisasi ini.

Mulai dari melakukan Roadshow Donor Darah di kecamatan-kecamatan, sekolah-sekolah, membuat webinar edukasi donor darah, termasuk waktu banyak kebutuhan pendonor plasma konvalesen mereka membuat Screening Donor Plasma Konvalesen bekerjasama dengan sebuah Mall di Malang. Pada ulang tahun PDDI tahun kemarin, PDDI Kota Malang merilis website resmi mereka yang beralamat di www.pddimalang.id

Kalau kamu coba cari informasi tentang PDDI via Google, yang muncul kebanyakan artikel-artikel tentang PDDI dari media online bukan dari media resmi PDDI. Kami waktu mau undang PDDI untuk ngobrol di “NgeLIVE bareng Blood for Life” bulan Oktober tahun lalu, cukup kesulitan untuk mendapatkan informasi terbaru tentang PDDI.

Adapun informasi dari media sosial official PDDI, informasi yang ada disana dari kepengurusan PDDI Periode 2006 – 2011. Hadirnya website resmi PDDI Kota Malang ini bisa jadi alternatif kita untuk mencari informasi tentang PDDI, dan aktifnya kepengurusan PDDI Kota Malang ini menjadi trigger cabang lain untuk membuat hal yang serupa.

Kak Riza Ardiyansjah, ST selaku Sekretaris PDDI Kota Malang mewakili untuk sharing tentang PDDI secara Live di Instagram, bercerita bahwa dikepengurusan periode 2021-2026 sengaja merekrut banyak anak-anak muda untuk menggerakkan PDDI Kota Malang ini. Terbukti setelah itu, banyak perubahan yang terjadi seperti yang sudah diceritakan diatas.

Anak-anak muda yang direkrut, mulai dari anggota KSR (Korps SukaRela) PMI Universitas Brawijaya, termasuk juga dari para pendonor muda yang sudah mulai rutin untuk mendonorkan darahnya secara sukarela.

Seperti kak Azzahra Caesar B.P., Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Malang yang diusia 18 tahun sudah dua kali donor dan berniat untuk donor darah rutin. Kak Zahra juga mengajak teman-temannya untuk jadi pendonor darah sukarela melalui gerakan yang dia bentuk, bernama Penggerak Donor Darah Milenial di Kota Malang.

Obrolan dengan kak Riza dan kak Zahra tentang PDDI Kota Malang dan Pendonor Milennial yang lebih lengkap, bisa kamu tonton di Video Instagram @Blood4LifeID atau klik disini. Obrolan dalam program “Nge-LIVE bareng Blood for Life” yang disupport oleh Paxel.co buat ngirim Paketmu Sehari Sampai.

Ferdian Kelana
Follow me
Latest posts by Ferdian Kelana (see all)

FerdianKelana

Ketua Umum Blood4LifeID periode 2021-2023 Educational Board Games Designer & Founder Demeira Nusantara (Board Games Studio) www.demeira.com | Follow @DemeiraPlay (IG/FB/Tw) Inisiator Mainloka Indonesia (SDGs Board Games Movement) www.mainloka.com | Follow @mainloka (IG/FB/Tw) Volunteer Blood for Life Indonesia www.Blood4Life.ID | Follow @Blood4LifeID (IG/FB/Tw) -- STIFIn Lisensi Promotor --- Visit: www.FerdianKelana.com

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.