DonorDarah.INFO Reborn, Yuk Kolaborasi

JAKARTA – DonorDarah.INFO | Halo Kawan Donor, website ini sudah beberapa tahun terakhir tidak ada update informasi. Mulai bulan ini (Juli 2021), website DonorDarah.INFO akan coba mulai diaktifkan kembali.

Mungkin perlu diperkenalkan kembali apa itu DonorDarah.INFO, karena sudah sangat lama web ini tertidur.

Perkenalkan DonorDarah.INFO, adalah sebuah Website yang menyediakan segala Informasi tentang Donor Darah dan Kesehatan, terutama kesehatan yang ada hubungannya dengan darah kita. Website ini dibuat oleh Blood for Life Indonesia (Blood4LifeID), sebagai media edukasi sebagai wujud usaha kami untuk mencapai visi misinya

Salah satu Misi kami adalah “Menyediakan layanan edukasi terbaik seputar donor darah”, tentunya Kami tidak mungkin sendirian menyediakan itu. Kami juga membuka kepada kawan-kawan yang lain dan juga komunitas-komunitas sosial yang lain, untuk ikut berkontribusi dalam mengedukasi masyarakat melalui media ini.

Banyak individu dan juga komunitas yang punya pehatian khusus terhadap suatu kesehatan yang berhubungan dengan darah, itu pastinya akan sangat mendalam hal yang dapat dibagikan kepada masyarakat.

Kami di Blood4LifeID juga sudah membentuk Tim Konten yang nantinya akan menyediakan Informasi-informasi baru di website ini. Tim Konten yang terdiri dari relawan yang memiliki beragam latar belakang, Tim ini juga masih membuka kesempatan bagi relawan baru yang ingin berkontribusi.

Bagi Individu dan/atau organisasi/komunitas yang ingin berkontribusi dalam website ini, silahkan kontak kami via email DonorDarah.INFO@gmail.com

Official Instagram untuk Website ini ada di akun @DonorDarah.INFO

Untuk Portal Link tentang Blood4LifeID dan Donor Darah, silahkan kunjungi www.DonorDarah.link

Semoga Kolaborasi ini dapat membuat banyak orang di Indonesia tercerahkan dan tergerak untuk menjadi Pendonor Darah Sukarela yang rutin mendonorkan darahnya.

Mungkin banyak yang belum tau informasi ini.
WHO punya standard jumlah kantong darah minimal (beserta isi tentunya ^_^) yang harus dikumpulkan dalam satu tahun oleh sebuah negara, sejumlah 2% dari populasinya.

Nah, sebelum Pandemi Covid19 ini, Indonesia masih kekurangan sekitar 500.000 sampai 1 Juta kantong darah.

Dari angka-angka diatas, berarti jumlah pendonor di Indonesia tidak sampai 2%.

Jika seorang pendonor bisa rutin donor darah setiap 2 bulan sekali untuk donor yang biasa (Whole Blood) dan setiap 2 minggu sekali untuk donor Apheresis, berarti populasi pendonor darah bisa dibilang ada dibawah 1% atau bahkan dibawah 0,5%. Sangat amat sedikit, angka ini yang perlu kita besarkan lagi.

Menurut data dari PMI DKI Jakarta, Saat Awal Pandemi tahun lalu, jumlah pendonor ini Turun sekitar 80%.
Meski jumlah pendonor sudah naik kembali, tetapi jumlahnya masih belum kembali seperti saat sebelum pandemi.

Apalagi mulai hari ini tanggal 3-20 Juli 2021 ini pemerintah memutuskan untuk menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, jumlah pendonor darah kemungkinan akan kembali Drop.

Sudah waktunya kita berkolaborasi untuk meningkatkan Jumlah Pendonor di Indonesia.

Yuk Kolaborasi,

Feel Good by Doing Good.

Ferdian Kelana
(Ketua Umum Blood4LifeID 2021-2023)

Ferdian Kelana
Follow me
Latest posts by Ferdian Kelana (see all)

FerdianKelana

Ketua Umum Blood4LifeID periode 2021-2023 Educational Board Games Designer & Founder Demeira Nusantara (Board Games Studio) www.demeira.com | Follow @DemeiraPlay (IG/FB/Tw) Inisiator Mainloka Indonesia (SDGs Board Games Movement) www.mainloka.com | Follow @mainloka (IG/FB/Tw) Volunteer Blood for Life Indonesia www.Blood4Life.ID | Follow @Blood4LifeID (IG/FB/Tw) -- STIFIn Lisensi Promotor --- Visit: www.FerdianKelana.com

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *