Donor Darah Bayaran

bab1Donor Darah Bayaran adalah orang yang memiliki motivasi untuk menerima uang atau bayaran setelah mendonorkan darahnya.

Donor Darah Bayaran biasanya cenderung menyembunyikan kondisi yang memungkinkan dirinya dapat ditolak untuk mendonorkan darahnya karena tidak memenuhi syarat donor darah. Termasuk jika orang tersebut menderita atau pernah terjangkit penyakit yang membahayakan orang lain.

Donor Darah Bayaran biasanya memiliki prevalensi IMLTD (Infeksi Menular Lewat Transfusi 15 Darah) tertinggi. Jadi, sangat tidak disarankan bahkan tidak diperbolehkan mendonorkan darah dengan tujuan Donor Darah Bayaran. Mengapa? Karena transfusi darah harus berasal dari darah yang sehat. Orang yang memiliki motivasi Donor Darah Bayaran yang ingin memperoleh uang, dapat mengabaikan persyaratan donor darah dengan menutupi kondisi yang memungkinkannya ditolak untuk donor darah. Akibatnya, tentu dapat merugikan pasien. Pasien yang mengharapkan kesembuhan dari menerima transfusi darah dari pendonor Donor Darah Bayaran bisa saja bertambah parah penyakitnya karena menerima darah yang tidak sehat.

Sumber: Buku Question & Answer Donor Darah, FSidikah R dan Robby Nur Aditya

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.