3 Hal yang Perlu Dilakukan Setelah Donor Darah

DonorDarah.info | Donor darah merupakan salah satu kegiatan positif yang berguna bagi kesehatan tubuh. Saat ini, banyak masyarakat yang mulai sadar akan pentingnya donor darah, tetapi tidak sedikit pula yang enggan untuk mendonorkan darahnya. Alasan yang diungkapkan antara lain takut lemas, pusing, atau tidak dapat beraktifitas dengan baik pasca donor darah.

Untuk mengurangi kecemasan tersebut, berikut tips-tips yang dapat diterapkan oleh para pendonor untuk mengembalikan kondisi tubuh paska donor darah.

1. Mengkonsumsi makanan yang mengandung Zat Besi, Folat, Ribloflavin, dan Vitamin B-6.
Seperti yang dilansir Livestrong.com dalam situs detik.com “Nutrisi terbaik untuk dikonsumsi sebelum dan sesudah donor darah”, pendonor diharapkan untuk memperbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi, folat, ribloflavin, dan vitamin B-6.

Zat besi bermanfaat untuk mengembalikan sel-sel darah baru pasca donor darah. Makanan yang kaya akan zat besi antara lain bayam, daging merah, unggas dan kacang-kacangan.

Folat memliki fungsi yang mirip dengan zat besi. Folat dapat dijumpai dalam hati, kacang kering, asparagus, dan sayuran berdaun seperti bayam. Untuk buah, jus jeruk juga diketahui sebagai sumber folat dan makanan seperti sereal dan beras juga mengandung zat tersebut.

Riboflavin, zat ini diperlukan untuk memproduksi sel darah merah dan mengubah karbonhidrat menjadi energy bagi tubuh. Makanan yang mengadung riboflavin antara lain telur, kacang polong, sayuran hijau dan produk susu.

Vitamin B-6, selain memiliki fungsi seperti zat-zat sebelumnya juga berguna untuk memecah protein. Makanan seperti kentang, pisang, biji-bijian, kacang-kacangan, dan daging merah banyak mengandung vitamin B-6

2. Meminum Air Putih
Pasca donor darah sangat dianjurkan untuk cukup minum. Meminum air putih bermanfaat untuk membantu menyesuaikan fungsi tubuh dengan mengganti cairan yang hilang. Minuman yang mengandung alkohol tidak boleh dikonsumsi selama 24 jam setelah donor darah

3. Istirahat yang cukup
Dilarang melakukan aktivitas berat setelah melakukan donor darah. Walaupun, pendonor tidak merasa pusing atau lemah, istirahat yang cukup sangat disarankan untuk memulihkan kembali kondisi tubuh.

Oleh: Cici Sintamaya

Referensi
Detik.com. (2013, Juni 31). Dipetik November 2, 2016,
http://health.detik.com/read/2013/06/14/145742/2273645/763/ini-nutrisi-terbaik-untuk-dikonsumsi-sebelum-dan-sesudah-donor-darah
Republika Online. (2015, 15 Maret). Dipetik November 2, 2016,
http://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/tips/15/03/15/nl8dx8-tips-sehat-setelah-donor-darah .
Merdeka.com. (2013, Desember 17). Dipetik November 2, 2016,
https://www.merdeka.com/sehat/5-hal-yang-harus-diketahui-sebelum-dan-sesudah-melakukan-donor-darah.html .

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *