Pengobatan Leukemia

LEUKEMIA-01Leukemia merupakan proliferasi sel leukosit yang abnormal, ganas, sering disertai bentuk leukosit yang lain daripada normal dengan jumlah berlebihan, serta dapat menyebabkan kegagalan sumsum tulang.

Ada empat jenis leukemia, Leukemia Limfositik Akut (ALL), Leukemia Myeloid Akut (AML), Leukemia Limfositik Kronis (CLL), dan Leukemia Myeloid Kronis (CML).

Tujuan pengobatan leukemia adalah mencapai kesembuhan total dengan menghancurkan sel-sel leukemik sehingga sel normal bisa tumbuh kembali di dalam sumsum tulang.

Penanganan kasus penyakit Leukemia biasanya dimulai dari gejala yang muncul, seperti anemia, perdarahan dan infeksi. Terdapat banyak pilihan pengobatan pada penderita leukemia, yaitu menanti sambil waspada (watchful waiting), kemoterapi, target terapi, terapi biologi, terapi radiasi, dan tranplantasi sel induk/sumsum tulang. Terkadang digunakan juga kombinasi dari beberapa jenis pengobatan tersebut.

Sistem terapi yang sering digunakan pada leukemia adalah kombinasi antara kemoterapi dan pemberian obat-obatan yang berfokus pada pemberhentian produksi sel darah putih yang abnormal dalam sumsum tulang. Selanjutnya adalah penanganan terhadap beberapa gejala dan tanda yang telah ditampakkan oleh tubuh penderita dengan pengawasan yang komprehensif.

Pilihan pengobatan pasien dengan leukemia ditentukan oleh jenis leukemia yang diderita, umur pasien, sel-sel genetik yang berubah atau abnormal (sel leukimia), dan status kesehatan pasien keseluruhan.

Sumber :

hits 1481 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *