Pengobatan Leukemia : Leukemia Limfositik Akut (ALL)

LEUKEMIA-01Leukemia yang umum terjadi pada anak-anak ini memiliki terapi pengobatan kemoterapi yang dilakukan secara bertahap, yaitu induksi, konsolidasi, dan pemeliharaan. Tahap pengobatan ini tidak digunakan sama untuk semua orang.

Terapi induksi meliputi kemotrapi dan pemberian kortikosteroid. Tujuan dari terapi ini adalah untuk membunuh sel-sel leukemia yang terdapat di dalam darah dan sumsum tulang untuk menimbulkan masa remisi (masa dimana hilangnya tanda dan gejala penyakit/penyakit berada di bawah kontrol). Terapi ini akan berlangsung selama empat minggu di rumah sakit.

Setelah terapi induksi, dimana remisi mencapai komplit segera dilakukan terapi konsolidasi yang meliputi kemoterapi dan mungkin transplantasi sumsum tulang. Tujuan dari terapi ini untuk mengeliminasi sel-sel leukemia residual untuk mencegah terjadinya relaps (kambuh kembali) dan juga timbulnya sel yang resisten terhadap obat. Terapi ini dilakukan setelah 6 bulan kemudian. Pada tahap ini juga terdapat terapi profilaksis pada sistem saraf pusat (SSP) sebagai pencegahan kekambuhan pada SSP. Terapi ini diberikan dalam dosis kemotrapi yang rendah dan berbeda, juga terkadang dikombinasiakan dengan terapi radiasi untuk mencegah leukemia memasuki otak dan SSP.

Terapi tahap terakhir adalah pemeliharaan jangka panjang dengan maksud untuk mempertahankan masa remisi. Terapi pada tahap ini menggunakan dosis kemotrapi yang lebih rendah daripada tahap induksi dan konsolidasi. Kemotrapi diberikan dengan pemberian obat pil dan sebulan sekali melalui intravena. Tahap ini biasanya memerlukan waktu 2-3 tahun.

Angka harapan hidup tentu membaik setelah pengobatan, 95% anak dapat mencapai masa remisi penuh dengan 60% menjadi sembuh. Pada orang dewasa, 80% mencapai remisi lengkap dengan sepertiganya mengalami harapan hidup jangka panjang yang dicapai dengan kemotrapi agresif yang diarahkan pada sumsum tulang dan SSP.

Sumber :

hits 2658 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *