Para-Bombay, variasi lain dari Bombay Blood

o-bombayAda variasi lain dari golongan darah Bombay, yaitu Para-bombay. Kalau pada golongan darah Bombay, antigen H sama sekali tidak ada dan sering disalah artikan sebagai golongan darah O, pada Para-Bombay antigen H terbentuk tapi lemah dan mungkin terekspresi golongan darah A, B, AB, ataupun O, akan tetapi tidak kuat. Sama seperti golongan darah Bombay, Para-Bombay juga memiliki antibodi anti-H pada serumnya.

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa golongan darah Bombay ini merupakan golongan darah yang sangat langka, diperkirakan 1:250.000 orang didunia atau 1:17.600 orang di India memiliki golongan darah ini. Bahkan di beberapa tempat seperti Mumbai, jumlah orang yang memiliki golongan darah Bombay sebesar 0,01% atau 1:10.000 penduduk. Dikutip dari Kompas Health (23/12/2013), untuk Indonesia, sampai saat ini belum ada datanya. Maksudnya adalah belum pernah dilakukan pendataan statistik secara resmi yang dilakukan untuk mengetahui berapa banyak pemilik golongan darah Bombay di Indonesia. Hal  ini bisa terjadi mungkin bisa jadi para pemilik golongan darah Bombay belum pernah menjalani tes dan/atau belum memerlukan transfusi darah.

Tingginya orang yang bergolongan darah Bombay di India ini dipercayai karena mereka menikah dengan keluarga terdekat dan masih satu kasta. Biasanya yang memiliki kasta tinggi diijinkan menikah dengan keluarganya sendiri untuk mempertahankan posisi mereka di masyarakat dan juga untuk menjaga kekayaan mereka.

 

Sumber :

hits 3744 times!

One comment

  • I’m amazed, I have to admit. Rarely do I encounter a blog that’s both equally educative and engaging, and without a doubt, you’ve hit the
    nail on the head. The issue is an issue that not enough people are speaking intelligently
    about. I’m very happy I came across this in my hunt for something concerning this.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *