Mengenal Kelainan Penyakit ITP

ITPIdiopathic Thrombocytopenic Purpura (ITP) adalah penyakit kelainan autoimun  yang diindikasi oleh jumlah trombosit (sel darah merah) dibawah normal. Ketika trombosit rendah, maka tubunya sangat mudah mengalami luka dan memar. Perlu diketahui bahwa trombosit adalah sel darah yang membantu proses penggumpalan. Normalnya, trombosit berkisar di angka 150.000 – 400.000. Namun, pada umumnya penderita ITP memiliki angka trombosit kurang dari 20.000. Semakin rendah trombosit, maka semakin besar risiko pendarahan.

Sesuai namanya “Idiopathic” yang berarti tak diketahui sebabnya, sampai sekarang penyebab ITP belum diketahui. Penderita ITP memiliki antibodi yang salah yang menyebabkan tubuh menganggapnya sebagai benda asing yang pada akhirnya menyerang trombosit manusia. Padahal, dalam kondisi normal, antibodi adalah respon tubuh yang sehat terhadap virus dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh manusia.

Sumber:

Info Donor Darah

Bagian dari Divisi Edukasi Blood4LifeID, DonorDarah.info memiliki misi utama untuk mengedukasi masyarakat umum terkait hal-hal yang perlu untuk diketahui tentang darah dan donor darah.

Komentar