Manfaat Donor Darah

www.imedicalapps.comKemarin kita sudah bahas tentang pengertian donor darah itu apa, sekarang kita akan share apa sih manfaat Donor Darah itu? Tentunya selain manfaat bagi orang yang membutuhkan darah kita.

Manfaat donor darah bagi kesehatan si pendonor sangat banyak, apalagi bagi mereka yang rutin melakukan donor. Donor darah ini bagaikan cek kesehatan kita secara rutin. Bagaimana tidak? Pada saat donor ada pemeriksaan dasar yang dilakukan, antara lain untuk mengetahui tekanan darah kita apakah normal, HB kita juga apakah memenuhi syarat untuk donor, dan lainnya. Nah, itu beberapa pemeriksaan dasar yang dilakukan sebelum kita melakukan donor darah. Selain itu, darah kita juga akan diperiksa apakah layak untuk di transfusikan ke orang lain yang membutuhkan. Jika dalam pemeriksaan lanjut ada penyakit-penyakit tertentu, maka PMI akan menghubungi kita. Dengan begitu, kita bisa cek kesehatan gratis tanpa harus pergi ke laboratorium dan membayar mahal.

Selain itu masih banyak manfaat donor darah untuk kesehatan, antara lain :

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Dengan rutin melakukan donor darah, maka secara tidak langsung darah yang ada pada tubuh kita akan memperbarui sel-selnya dan sel-sel yang baru ini akan terbebas dari zat-zat yang membahayakan dalam tubuh kita seperti lemak yang akan membentuk kolesterol yang nantinya akan mempengaruhi kerja jantung kita. Dengan begitu, jantung kita akan lebih terjaga dan bisa juga mengurangi resiko terkena penyakit stroke yang di sebabkan karena tingginya kolesterol di dalam tubuh kita.

2. Mempercepat Pembentukan Sel-Sel Darah Baru

Dengan donor darah, maka sel-sel darah akan melakukan regenerasi untuk membentuk sel-sel darah baru yang akan menggantikan darah yang telah kita keluarkan. Jika kita mendonor dengan rutin dan berkala, maka kita akan selalu memiliki sel-sel darah yang bagus.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Dengan donor darah, secara tidak langsung kita akan mengeluarkan kalori yang akan merampingkan sedikit badan kita. Tapi ini adalah efek samping yang tidak signifikan yah.

4. Meningkatkan Kesehatan Psikologis

Dengan donor kita akan merasa senang dan puas karena bisa membantu sesama yang membutuhkan. Hal ini bisa menjaga kesehatan kita secara psikologis karena akan menambah kadar kebahagiaan kita.

5. Mendeteksi Penyakit Secara Dini

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa darah yang kita donorkan akan diperiksa terlebih dahulu untuk diketahui apakah layak untuk di transfusikan ke orang lain. Nah, dari situ kita bisa mendeteksi beberapa penyakit yang serius, antara lain HIV, hepatitis A dan B, serta lain sebagainya.

Nah, banyak banget kan manfaat yang bisa kita dapatkan dari Donor Darah. Jadi, tunggu apalagi? Mumpung kita masih bisa membantu sesama dan tetep sehat, jangan tunda untuk mendonor yah…

Oh ya, kita bisa mendonor pertama kali pada usia 17 tahun loh! Akan lebih berarti kalau kita rayakan itu dengan Donor Darah 🙂

Yuk teman-teman, kita beramai-ramai Donor Darah, biar kita tetep sehat dan dapat membantu sesama 🙂

Info Donor Darah

Bagian dari Divisi Edukasi Blood4LifeID, DonorDarah.info memiliki misi utama untuk mengedukasi masyarakat umum terkait hal-hal yang perlu untuk diketahui tentang darah dan donor darah.

Komentar