Malaria, Apa dan Bagaimana Pencegahan dan Pengobatannya?

*gambar nyamuk Anopheles stephensi salah satu pembawa protozoa penyebab Malaria

 

Malaria, Apa dan Bagaimana Pencegahan dan Pengobatannya?

Malaria, pasti kebanyakan orang sudah pernah mendengar tentang apa itu malaria. Malaria merupakan penyakit endemik yang menyerang negara-negara yang berpenduduk padat, salah satunya adalah Indonesia. Malaria merupakan penyakit infeksi parasit pada sel darah merah yang disebabkan oleh suatu protozoa spesies plasmodium yang ditularkan ke manusia melalui air liur nyamuk. Di Indonesia, malaria berjangkit pada daerah yang berketinggian 1.800m di atas permukaan laut.

Penyakit malaria ditularkan oleh nyamuk anopheles betina. Secara umum, setiap orang dapat terinfeksi malaria. Tetapi ada beberapa orang mempunyai kekebalan tubuh yang bagus terhadap parasit malaria. Orang yang berisiko lebih besar mengalami malaria adalah anak balita, orang hamil, serta penduduk yang belum mendapatkan imunisasi malaria yang sedang berkunjung di daerah endemis malaria.

Indonesia, salah satu negara dengan jumlah penduduk besar, beberapa kali terjadi endemik malaria. Tercatat 544.470 kasus malaria pada tahun 2009, dengan jumlah 91.690 orang yang mungkin terkena malaria.

Penyakit malaria ditularkan melalui dua cara, melalui alamiah dan non alamiah. Melalui alamiah yakni melalui gigitan nyamuk anopheles yang mengandung parasit malaria. Sedangkan melalui nonalamiah dapat melalui malaria bawaan (kongenital) dan penularan mekanik (transfusion malaria).

Gambaran klinis yang biasanya terjadi pada malaria adalah:

  1.    Terdapat tanda-tanda sistemik anemia.
  2.    Lonjakan-lonjakan demam siklik (badan panas untuk beberapa hari kemudian turun menjadi normal).
  3.    Menggigil dan berkeringat pada waktu demam.
  4.    Nyeri kepala.
  5.    Hepatomegali * dan splenomegali**.
  6.    Dapat terjadi ikterus akibat pelepasan bilirubin yang berlebihan.

 

Lalu bagaimana mencegah dan mengobati salah satu jenis penyakit mematikan dan menular ini?

Seperti kebanyakan penyakit yang disebabkan oleh pembawaan virus atau bakteri melalui nyamuk, kita harus menerapkan hidup bersih. Biasakan membersihkan tempat tidur dan lingkungan sebelum tidur. Pasang kelambu dan/atau jaring-jaring pelapis pintu dan jendela untuk mencegah nyamuk bisa masuk ke dalam kamar. Bersihkan semua genangan air dengan cara menerapkan 3M. Hindari tidur di luar ruangan karena nyamuk otomatis lebih banyak ada di luar ruangan. Makan dan minuman ebrgizi juga menjadi salah satu cara untuk mencegah penyakit ini menjangkiti tubuh. Minum air putih yang cukup, makan makanan yang mengandung karbohidrat dan berprotein tinggi, serta hindari makanan yang berlemak tinggi. Makan buah dan sayuran juga baik untuk proses detoksifikasi.

Cara untuk mengobati malaria adalah dengan mengkonsumsi obat-obatan sesuai dengan perintah dan saran dokter, antara lain obat Chloroquine, Coartem, dan jenis obat yang lainnya. Selain itu pertukaran transfusi darah adalah cara tercepat untuk menghilangkan parasit. Prosedur ini berupa menarik darah Anda dan menyuntikkan darah donor ke Anda pada saat yang bersamaan. Selama pertukaran ini, jumlah darah dalam tubuh Anda tetap konstan.

*Hepatomegali adalah penyakit yang diakibatkan oleh terjadinya pembesaran ukuran organ hati yang melebihi ukuran normalnya. Kondisi ini dapat dipicu oleh penyakit di hati ataupun di luar hati.

*Splenomegali adalah pembesaran limpa, keadaaan ini biasanya terjadi akibat proliferasi limfosit dalam limpa karena infeksi di tempat lain tubuh.

 

Oleh: Candra Septiani Putri.

 

Sumber:

  • Handayani, Wiwik., Andi Sulistiyo Hariwibowo.,2008. Buku Ajar Asuhan Keperawatan dengan Gangguan Sistem Hematologi., 2008., Jakarta: Penerbit Salemba Medika.
  • Arlan, dr. Prabowo., Penyakit mematikan itu datang dari seekor nyamuk! Malaria Mencegah & Mengatasinya., 2004., Barito Kuala: Puspa Swara.
  • Anonim., Informasi Kapuas (Jilid 3)., Kapuas: Digitalized by Google.
  • Admin. (2014). 26 Cara MencegahMalaria Tropika & Tertiana Terjadi dan Kambh Lagi. [online]. Tersedia di: http://halosehat.com/penyakit/malaria/cara-mencegah-malaria [Akses pada 24 April 2017].
  • Admin. (2017). Pencegahan dan Pengobatan Malaria. [online]. Tersedia di http://dokita.co/blog/pencegahan-dan-pengobatan-malaria/ [Akses pada 24 April 2017].

 

hits 605 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *