Kenali Anemia Aplastik

ANEMIA2-01-01Tahukan Anda tentang anemia aplastik? Anemia dikenal luas sebagai penyakit kekurangan darah. Secara klinis, anemia disebabkan oleh rendahnya produksi sel darah merah atau hemoglobin, meningkatnya kerusakan sel darah marah, dan kehilangan darah yang berlebihan. Salah satu penyakit anemia yang sering diketemukan ialah anemia aplastik. Anemia aplastik termasuk dalam jenis penyakit anemia non-gizi.

Anemia aplastik merupakan kelainan yang ditandai dengan pansitopenia pada darah tepi dan penurunan selularitas sumsum tulang. Pansitopenia sendiri merupakan menurunnya kandungan sel darah merah, sel darah putih, dan trombosit. Pansitopenia terjadi karena adanya penurunan jumlah sel dalam tulang yang mengakibatkan sumsum tulang hanya menghasilkan beberapa tetes darah. Saat terjadi pansitopenia, Anda perlu melakukan biopsy guna menentukan beratnya penurunan elemen sumsum normal.

Sumber:

  • Dr, dr. Citrakesumasari, M.Kes. anemiaGizi, Masalah, dan Pencegahannya
  • Digilib.unimus.ac.id

Info Donor Darah

Bagian dari Divisi Edukasi Blood4LifeID, DonorDarah.info memiliki misi utama untuk mengedukasi masyarakat umum terkait hal-hal yang perlu untuk diketahui tentang darah dan donor darah.

Komentar