Gejala Penyakit ITP

ITPGejala-gejala yang terjadi antara lain kulit mudah memar, pendarahan luka lebih lama, mimisan, dan adanya darah pada tinja dan urine. ITP tak hanya terjadi pada orang dewasa, melainkan juga kepada anak-anak. Jika terjadi kepada anak, biasanya akan pulih tanpa adanya pengobatan khusus. Namun, ITP yang menimpa orang dewasa umumnya sudah masuk jenis penyakit kronis. Meski begitu, tetap diperlukan tes darah secara rutin dan pemeriksaan sumsum tulang (tempat pembentukan trombosit) sebagai langkah pengawasan.

Ketika ITP masih dalam kondisi “wajar”, maka jalannya adalah melakukan tes darah secara rutin seperti yang telah dijelaskan pada paragraf sebelumnya. Namun, ketika sudah memasuki kondisi kronis, maka perlu dilakukan operasi. Beberapa obat yang dapat membantu adalah kartikosteroid. Namun, penggunaan obat ini harus dihentikan jika jumlah trombosit normal kembali. Beberapa dokter berpendapat bahwa suksesnya pengobatan ITP didasari oleh berhasilnya pengobatan penyakit yang mendasarinya.

ITP tidak dapat dicegah. Namun, kita bisa mencegah penyakit tersebut jika mengalami komplikasi. Beberapa cara yang dapat dilakukan adalah menghindari obat-obatan berjenis aspirin atau ibuprofen yang dapat memperbesar risiko pendarahan pada tubuh.

Sumber:

Info Donor Darah

Bagian dari Divisi Edukasi Blood4LifeID, DonorDarah.info memiliki misi utama untuk mengedukasi masyarakat umum terkait hal-hal yang perlu untuk diketahui tentang darah dan donor darah.

Komentar