Donor Pertamaku di Bulan Puasa

Bulan puasa tidak menjadi halangan bagi sebagian orang untuk tetap mendonorkan darahnya, seperti yang dilakukan oleh Liana Agestina ini.

Bagi Liana, pengalaman mendonorkan darah di bulan Ramadhan 2015 adalah kali pertama sepanjang hidupnya. Meski begitu, Liana terlihat sangat antusias untuk berbagi kisahnya ini kepada teman-teman BFL dengan harapan semakin banyak orang yang ikut mendonorkan darahnya untuk orang lain yang membutuhkan.

Saat itu, Liana dan rekan kerja di @organicommunity (Komunitas Organik Indonesia) sedang menyelenggarakan kegiatan di sebuah pusat perbelanjaan modern (mall). Kegiatannya bertajuk bazaar organic, green and healthy. Kebetulan, pada waktu bersamaan Liana mendapatkan informasi kegiatan donor darah di mall yang sama dari instagram @yourlippomallpuri. Kesempatan itu tak disia-siakan oleh Liana untuk tetap berbagi melalui donor darah.

Dengan semangat, Liana langsung berniat untuk mendonorkan darah pada hari itu juga, tanggal 27 Juni 2015. Meski antreannya lumayan panjang yang otomatis memakan waktu lama, ia tak menyurutkan langkah untuk tetap berbagi. Mulai dari isi formulir, melakukan antre, sampai step terakhir ia jalani dengan sabar. Padahal, saat itu waktu hampir menunjukkan Magrib waktu setempat. Akhirnya, ia dipanggil untuk tes kesehatan dan darah sebelum darahnya diambil. Sekitar 45 menit sebelum berbuka, akhirnya ia mendapat giliran mendonorkan darah.

Ada yang berbeda dengan yang terjadi ketika Liana mendonorkan darah sewaktu tidak berpuasa. Saat berpuasa, ia merasa darah yang mengalir di lengannya sangat lama. Bahkan, sampai 15 menit setelah berbuka Liana mengaku masih berbaring untuk diambil darahnya. Menurutnya, hal tersebut tidak pernah terjadi pada pengalaman-pengalaman donor darah sebelumnya.

Meski banyak cerita pada pengalaman pertamanya donor darah di bulan puasa, ia mengaku bangga karena masih bisa berbagi meski sedang melaksanakan kewajiban puasa. Semoga cerita Liana bisa menggugah kita untuk tetap mau mendonorkan darah meski sedang berpuasa sekalipun. Apalagi, Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah membolehkan praktik donor darah saat berpuasa. Jadi, tak ada yang perlu dikhawatirkan.

Info Donor Darah

Bagian dari Divisi Edukasi Blood4LifeID, DonorDarah.info memiliki misi utama untuk mengedukasi masyarakat umum terkait hal-hal yang perlu untuk diketahui tentang darah dan donor darah.

Komentar