Donor Darah, tubuh jadi gemuk atau jadi langsing?

terlalu-kurus-atau-gemuk-yuk-belajar-hitung-bmi

“Bener nggak sih kalau rajin donor itu membuat seseorang menjadi semakin gemuk?”

Pertanyaan itu terlontar dari salah seorang teman administrator @DonorDarahINFO, beliau bercerita bahwa setelah dia rutin donor darah berat badannya kini semakin bertambah. Hal itu tidak hanya terjadi pada dirinya sendiri, tapi beberapa temannya yang beliau ajak donor darah juga merasa berat badannya bertambah.

Sebelum mendapatkan jawabannya, mari kita sama-sama meruntut apa saja yang terjadi ketika kita rutin donor darah. Saat pengambilan darah sebanyak sekitar 250cc sampai dengan 450cc, terjadi proses pembakaran kalori pada tubuh, sehingga tidak memungkinkan seseorang yang mendonorkan darahnya menjadi gemuk. Sebanyak 600 kalori bisa terbakar setiap melakukan donor darah.

Donor darah punya banyak manfaat bagi kesehatan, mulai dari check-up gratis hingga mengurangi risiko penggumpalan karena darah menjadi lebih encer. Bahkan bisa membuat hati sang pendonor menjadi lebih bahagia karena telah berhasil bisa membantu sesama. Manfaat lain dari donor darah adalah membuat kadar zat besi atau Fe menjadi lebih stabil karena darah lama dikeluarkan dan terjadi proses pembentukan darah baru. Kondisi ini bisa membuat kondisi jantung menjadi lebih sehat.

Nah, jika diantara kita yang merasa lebih gemuk daripada sebelum rutin donor darah, coba dicek apakah gaya hidup dan pola makan sudah benar?

Biasanya bagi pendonor pemula, setelah donor darah pertama kali akan timbul rasa nafsu makan yang besar. Hal itu wajar karena tubuh kita ingin segera membentuk darah pengganti. Namun, hal ini biasanya menjadi normal jika rutin donor darah karena tubuh sudah dapat menyesuaikan diri.

Pola makan yang tidak sehat yang membuat berat badan meningkat.

Lalu, apakah dengan rutin donor darah bisa membuat tubuh menjadi langsing?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, jika sudah rutin melakukan donor darah dan mempunyai gaya hidup dan pola makan yang benar, maka berat badan akan stabil atau akan lebih terkontrol. Jadi bukan hanya karena rutin donor darah lalu tubuh akan langsing, tapi lebih karena menerapkan pola makan dan gaya hidup yang benar.

Sumber :

hits 26851 times!

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *