Cheara, anugerah yang tidak terduga (Part 8)

Selain ASI kami juga mengecek persediaan darah. Kami baru ingat, salah satu persediaan darah yang kami dapatkan itu adalah sejak tanggal 3 tengah malam atau 4 dini hari. Kami menuju ke Bank Darah untuk mendapatkan informasi kantong darah yang digunakan untuk transfusi tukar bayi lain sebelumnya. Ternyata, kantong darah yang digunakan adalah kantong darah terbaru.

Untuk mendapatkan kepastian, kami kembali menuju PMI untuk mendapatkan data nomor kantong darah untuk dicocokkan dengan nomor kantong dan waktu donor. Setelah dari PMI, kami mencocokkan nomor kantong yang tersedia di Bank Darah. Kami pun mendapatkan informasi kantong yang akan digunakan adalah kantong tanggal 4 dini hari dan tanggal 5 dini hari.

Kami pun bertanya kepada Bank Darah apakah darah ini masih bisa digunakan apabila transfuse tukar baru akan dilakukan pada hari rabu besoknya, dan jawaban dari Bank Darah adalah tidak. Kami tidak tahu apa yang harus dilakukan, tapi kami tidak boleh panik.

Dengan dibantu koordinasi antara PMI dan Bank Darah, kami mendapatkan informasi bahwa bayi lain yang sebelumnya sudah transfusi tukar dengan 2 kantong darah yang kami perbantukan itu mendapatkan 1 kantong golongan darah O titer rendah dari pendonornya. Hasil tersebut baru didapat pada sore hari. Alhamdulillah satu lagi cobaan terlewati, kami yakin bayi Cheara kuat.

Hari selasa pagi, kami mengunjungi bayi Cheara di RSAB Harapan Kita. Kami sempat khawatir, karena beberapa ibu pernah berbagi pengalaman untuk kami stop ASI agar bilirubin tidak naik, dengan alasan ASI kan dari ibunya siapa tau berpengaruh. Kami beritahukan ke suster untuk stop ASI sementara waktu.

Pada pukul 14.13 wib kami bertemu dengan tim dokter. Dokter mengatakan bahwa belum ada gejala klinis yang mengharuskan bayi Cheara untuk transfusi tukar, bilirubin naik 1 angka menjadi 8 namun HB berada di ambang batas 12.8, kami sempat bertanya perihal ASI, namun dokter mengatakan gejala klinis bayi Cheara tidak mengarah ke kuning karena ASI (Breastmilk Jaundice). Kami bersyukur dan semoga sampai dengan besok harinya, bayi Cheara tidak memerlukan transfusi tukar.

Hari rabu nya pukul 11.20 wib kami mendapatkan informasi bilirubin bayi Cheara 6 namun HB nya turun menjadi 10, sehingga transfuse tukar sudah tidak diperlukan, namun bayi Cheara tetap harus transfuse HB. Semoga semua berjalan lancar, kami yakin bayi Cheara kuat. (Cerita selanjutnya)

hits 6079 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *