Cheara, anugerah yang tidak terduga (Part 6)

Namun, keluarga saya tidak ada yang golongan darah O dan sedang berkumpul di Palembang untuk memberikan dorongan kepada nenek saya yang juga sedang memperjuangkan hidup dari pendarahan pada penyakit diabetes yang sudah menggerogoti kakinya dan sedang membutuhkan donor darah golongan B. Mohon maaf nek, cucumu tidak dapat mendampingi pada saat ini, mohon doa untuk kesembuhan bayi Cheara, aamiin.

Golongan darah O titer rendah memiliki masa kadaluarsa 3×24 jam setelah didonorkan, jadi apabila tidak digunakan sampai dengan tiga hari maka titer nya sudah tidak rendah lagi. Dalam proses pencariannya, setiap pendonor harus mendonorkan darah terlebih dahulu. Kemudian, kantong darah harus melalui proses screening untuk diketahui darah mana yg cocok dengan kriteria titer rendah yang dimaksud.

Kendala kami di sini, kami harus mencari pendonor dengan golongan darah O sebanyak-banyak nya, untuk mendapatkan golongan darah O titer rendah sebanyak 2 kantong darah. Dengar-dengar dari petugas PMI pada saat itu, kemungkinan darah O titer rendah adalah 1 dari 20 pendonor.

Tanggal 3 Juli 2015, kami segera mencari keluarga dan kerabat yang memiliki golongan darah O, meminta kesediaanya mendonorkan darahnya. Keluarga kami juga mencari sukarelawan dengan memposting melalui media social. Setelah beberapa jam, dari 14 orang pendonor, kami mendapatkan satu kantong dan masih membutuhkan satu kantong lagi.

Tanggal 4 Juli 2015, kami kembali mencari pendonor yang bersedia berbaik hati mendonorkan darah untuk bayi Cheara. Sampai dengan sore hari, dari 12 pendonor, kami tidak mendapat satu kantong pun yang cocok. Petugas PMI selanjutnya memberitahukan ke salah satu pendonor kami bahwa sebaiknya pendonor adalah laki-laki, dan itu menjadi catatan kami.

Keluarga dan kerabat kami terus memposting perihal kebutuhan golongan darah O titer rendah. Kami bersyukur sampai dengan bayi Cheara dibawa pulang, banyak sekali respon dari pendonor yang baik hati ingin menyumbangkan darahnya untuk bayi Cheara. Mereka mendapatkan informasi dari postingan tersebut. Semoga Allah Swt membalas kebaikan, perhatian dan bantuan bapak/ ibu sekalian. (Cerita selanjutnya)

hits 2475 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *