Cara Pengembalian Darah Ketika Donor Apheresis

apheresis2Kita tahu bahwa pada prosedur apheresis, komponen darah yang tidak diperlukan akan dikembalikan lagi ke dalam tubuh donor. Itulah mengapa pada proses donor ini, memakan waktu lebih lama dari donor biasa. Pada donor apheresis waktu yang dibutuhkan mencapai 1.5 – 2 jam!

Pasalnya, proses ini memiliki prosedur khusus, yaitu setelah jarum ditusukan pada lengan donor, maka darah akan mengalir kedalam mesin pemisah darah. Komponen yang diperlukan akan dipisahkan didalam mesin dan dialirkan kedalam kantung darah. Adapun komponen darah yang tidak diperlukan, dikembalikan lagi kedalam tubuh donor melalui selang berbeda.

Walaupun waktu yang dibutuhkan lebih lama, pada beberapa kasus, donor apheresis lebih efektif daripada donor biasa. Misalnya untuk memenuhi kebutuhan trombosit. Satu donor apheresis dapat menghasilkan 1-2 dosis platelet (trombosit), dimana 1 dosis setara dengan 10 kantong platelet. Artinya, perbandingan kebutuhan adalah sekitar 1:10 orang.

Lebih efektif, kan? Pasien tidak membutuhkan banyak donor. Cukup satu donor saja, kebutuhan trombosit sudah dapat terpenuhi. Biasanya, prosedur ini disarankan untuk mereka yang memiliki golongan darah langka, misalnya yang memiliki darah rhesus negative. Prosedur ini juga dapat disarankan apabila kebutuhan mendesak dan dalam jumlah banyak namun jumlah stock darah minim atau jumlah pendonornya terbatas.

Sumber:  F. Sidikah R. & Robby Nur Aditya – Tanya Jawab Tentang Donor Darah

Info Donor Darah

Bagian dari Divisi Edukasi Blood4LifeID, DonorDarah.info memiliki misi utama untuk mengedukasi masyarakat umum terkait hal-hal yang perlu untuk diketahui tentang darah dan donor darah.

Komentar