Apakah Leukemia Bisa Sembuh?

LEUKEMIA-01

Sering kali pertanyaan ini timbul ketika diri sendiri, keluarga, teman, atau orang terdekat kita terdiagnosis Leukemia. Leukemia seakan menjadi penyakit dengan vonis  mematikan bagi penderitanya dan jauh dari kesembuhan. Lalu apakah ada kata “sembuh” untuk penyakit darah yang termasuk kanker  ini?

Pasien yang diduga leukemia akan menjalani berbagai pemeriksaan seperti pemeriksaan darah tepi dan sumsum tulang, juga pemeriksaan pada organ lain  untuk memastikan diagnosis jenis leukemia yang diderita dan kemudian hasilnya akan digunakan untuk menentukan terapi dan prognosis kesembuhan.

Sistem terapi yang sering digunakan pada leukemia adalah kombinasi antara kemoterapi dan pemberian obat-obatan yang berfokus pada pemberhentian produksi sel darah putih yang abnormal dalam sumsum tulang. Selanjutnya adalah penanganan terhadap beberapa gejala dan tanda yang telah ditampakkan oleh tubuh penderita dengan pengawasan yang komprehensif.

Terdapat 4 jenis leukemia ,  yaitu Leukemia Limfositik Akut (ALL),  Leukemia Myeloid Akut (AML), Leukemia Limfositik Kronis (CLL), dan Leukemia Myeloid Kronis (CML). Pengobatan akan berbeda tergantung dari jenis leukemia yang diderita. Dimana dari tiap jenis leukemia ini memiliki angka harapan hidup yang berbeda pula. Tingkat keparahan, faktor imunologi, umur, dan status kesehatan pasien juga berperan sangat penting dalam menentukan harapan hidup kedepannya.

Lebih jelas tentang pengobatan leukemia, baca artikel “Pengobatan Leukemia

Dikutip dari berbagai sumber,seorang penderita leukemia dapat dikatakan sembuh bila dalam jangka waktu 5 tahun setelah pengobatan aktif tidak menimbulkan gejala. Apabila gejala muncul dalam rentan kurang dari 5 tahun, pasien akan mendapatkan pengobatan kemotrapi yang lebih agresif dan juga pilihan untuk melakukan transplantasi sumsum tulang. Mikkael A. Sekeres, M.d., dalam artikelnya yang berjudul Cured From Cancer, Almost dalam blognya mengatakan, “Cure,” for us, means a person has lived five years without the leukemia coming back.”

Sementara itu, menurut penjelasan dokter spesialis penyakit dalam konsultan hematologi onkologi medik dr. Lugyanti Sukrisman, SpPD dalam program Dokter Bicara Kanker yang dikutip dari Liputan6.com edisi 29/4/2015, menjelaskan bahwa Leukemia bisa sembuh total kecuali pada leukemia kronik, terutama pada jenis CML yang pengobatannya secara umum dapat sembuh dengan transplantasi sumsum tulang . Akan tetapi seiring dengan perkembangan pengobatan leukemia, CML ini bisa mencapai kesembuhan atau remisi tanpa transplantasi sumsum tulang dengan obat terbaru yang dinamakan imatinib.

Pengobatan leukemia membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Kesabaran dan semangat tinggi dalam menerima pengobatan tentu menjadi faktor utama untuk mencapai kesembuhan. Mereka yang terdiagnosis leukemia memiliki semangat hidup yang menurun seiring dengan perkembangan penyakitnya dan juga karena efek samping yang ditimbulkan dari pengobatan. Untuk itu dukungan dari keluarga dan orang terdekat, juga dari mereka yang sama-sama penderita leukemia berperan sangat penting dalam memberikan motivasi kesembuhan.

 

Sumber:

hits 12774 times!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *