Alur Permintaan darah IGD Maya BFL

REVISI Alur Permintaan Darah-01Blood For Life (BFL) merupakan sebuah komunitas sosial yang bergerak atas kepedulian pendiri Valencia Mieke Randa dan anggotanya dalam membantu pemenuhan kebutuhan darah pasien-pasien yang membutuhkan.

Sistem kerja BFL sebagai penghubung antara orang yang membutuhkan darah dengan orang yang bisa dan mau mendonorkan darahnya dengan sukarela.

Ada kalanya, stok darah di PMI mengalami kekurangan darah tertentu. Keluarga/Pendamping pasien bisa meminta bantuan kepada BFL dalam kondisi demikian.

Di sinilah salah satu fungsi dari komunitas BFL, dimana kami berusaha mencarikan pendonor darah yang cocok, bisa, dan bersedia mendonorkan darahnya untuk pasien yang sangat membutuhkan transfusi.

IGD Maya bergerak dengan menggunakan media sosial Twitter @Blood4LifeID. Juga bisa dilihat di BLOOD FOR LIFE Indonesia di Facebook.

Saat berita kebutuhan darah masuk di mentions BFL, tugas admin yang saat itu berjaga akan menghubungi nomer contact person yang diinfokan kepada BFL untuk konfirmasi apakah benar berita tersebut. Tujuannya agar info yang kami posting adalah benar adanya.

Posting sudah kami buat dengan format yang sudah ditentukan beserta cc yang sudah kami tujukan. Kemudian naiklah berita kebutuhan darah untuk pasien tersebut di seluruh media sosial BFL, dan disebarkan oleh volunteer, dan mitra BFL.

Ada 3 pilihan posting yang biasa kami buat : #URGENT, #RED_ALERT, #STANDBY_DONOR

URGENT : Permintaan baru

Saat admin menghubungi contact person, pasien sudah mendapatkan infus tapi masih kurang.

RED_ALERT : Kondisi darurat

Keluarga pasien menghubungi admin dan meminta segera mendapatkan pendonor karena kondisi pasien sudah dalam keadaan lanjut.

STANDBY_DONOR

Biasanya keluarga pasien meminta pendonor dikarenakan pasien akan operasi misalnya 2 atau 3 hari ke depan.

Setiap hari Admin akan mengawali dengan menghubungi contact person keluarga pasien untuk menayakan apakah kebutuhan darah pasien sudah terpenuhi atau belum. Kami akan memantau terus perkembangan kebutuhan darah pasien. Kami juga membantu mencarikan pendonor dengan cara menghubungi calon pendonor yang ada di database BFL.

Posting akan kami #GREEN_UPDATE bila sudah mendapatkan berita dari contact person bahwa kebutuhan darah sudah terpenuhi.
Ada juga posting yang harus kami buat saat keluarga pasien mengabarkan berita duka yaitu #WHITE_UPDATE : Meninggal Dunia.